Pengantar Fisika 10 SMA 

Adik-adik, saya ucapkan selamat dan turut berbahagia karena kalian sudah lulus SMP dan sekarang menjadi siswa SMA. Tentunya senang bukan?

Ohya, bagi adik-adik yang masuk ke sekolah yang berkurikulum 2013 dan Kurnas langsung penjurusan. Bagi yang masuk jurusan IPA atau MIA pasti akan mempelajari fisika. Apa itu fisika? Pelajaran ini tidak asing. Kalian pernah mendengar, melihat (membaca) pelajaran ini. Yap betul, kalau di SMP pelajaran ini dinamakan IPA sahaja. Gabung sama kimia dan biologi. Ngomong-ngomong nilai UN mapel IPA kalian tertinggi bukan? 

Baiklah, fisika itu tidak sulit ! Itu dulu yang harus kamu persepsikan. Berpikiran positif ya, engga ada ruginya kok berpikiran positif.

Persiapan

Persiapan yang perlu dimiliki oleh kamu adalah

Pertama mental. Kalian harus memiliki mental baja. Punya rasa ingin tahu, berani dan mau belajar (mendengarkan, membaca dan menulis). Keyakinan bahwa Allah Swt menganugerahkan potensi otak , fisik, akal yang luar biasa.

Kedua adalah teknis. Persiapan teknis meliputi buku fisika (boleh ebook), buku soal (latihan soal di internet), pensil/pulpen dan buku tulis. Bila kamu mendapati dirimu kurang cepat dalam berhitung dan atau kurang teliti, jangan enggan untuk menggunakan kalkulator.

Pengantar fisika

Ada beberapa materi di SMP kelas 7 dan 8 SMP yang dihadirkan kembali. Namun dengan kajian materi yang lebih dalam. Ada baiknya kalian baca lagi buku ipa kelas 7 dan 8 yang terkait dengan Bab gerak benda, gaya , energi dan usaha. 

1. Gerak Benda

Kalian akan ketemu lagi dengan Gerak Lurus. Gerak lurus ada dua, gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Kalian harus tahu beda antara jarak denan perpindahan, kelajuan dengan kecepatan. 

Jarak tiap waktu adalah kelajuan. Perpindahan tiap waktu adalah kecepatan. Konversi satuan panjang dan satuan waktu harus bisa kamu kuasai. Sebagai patokan. 36 km/jam = 10 m/s. Silakan pakai perbandingan untuk nilai km/jam yang lain yang akan dikonversi ke satuan m/s

2. Gaya 

Ini bab yang lumayan susah. Tapi kalau bab sebelumnya kamu kusai, bab ini bisa kamu taklukan. Dasarnya adalah bab vektor, dan yang paling penting kamu faham hukum 1,2 dan 3 Newton. Materi ini pernah saya tulis di blog ini.

Vektor gaya juga sudah pernah dibahas di kelas 8. Ringkasnya begini. Kalau gaya -gaya itu searah, total gayanya dijumlah. Sebaliknya, kalau gaya- gaya itu berlawan arah , total gayanya dikurangi. 

Hukum Newton dipakai untuk menganalisis gerak benda (penyebabnya). Hukum satu Newton dipakai untuk menganalisis soal yang memceriterakan bendanya diam atau bergerak dengan kecepatan tetap. Hukum dua Newton untuk menganalisis benda yg bergerak dipercepat.

Ohya, sebesar apapun bendanya dianggap partikel loh ya. Terus kalau menjawab soal, hal yang diketahui sebaiknya digambar.

Sementara itu dulu ya…

Bersambung… (insya allah)


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s